Selasa, 04 September 2018

Letak dan Batas Wilayah Indonesia


1.Letak wilayah indonesia
    Letak wilayah Indonesia ada 3 macam yaitu:
a.Geografis:berada diantara samudra Pasifik dan samudra Hindia,serta benua Asia dan benua Australia,dan pada pertemuan dua rangkaian pegunungan nya,yaitu sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania.
b.Astronomis:pada 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT.
c.Geologis:bagian Utara merupakan Paparan Sunda(lempeng asia),bagian barat dan selatan merupakan Paparan sahul(lempeng indo-australia),bagian timur merupakan lempeng dasar samudra Pasifik

2.Batas wilayah indonesia
    Batas wilayah Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu:
a.batas geografis wilayah Indonesia
    Bagian Utara:batas daratan yaitu berbatasan dengan negara Malaysia,sedangkan batas laut berbatasan dengan wilayah perairan beberapa negara tetangga misalnya yaitu Filipina,singapura,malaysia,thailand,dan Vietnam yang meliputi perairan selat Malaka dan laut cina selatan.
    Batas Barat:Indonesia hanya memiliki batas laut saja di bagian barat yaitu berbatasan dengan wilayah samudra Hindia serta perairan negara india.
    Batas Timur:batas daratan yaitu dengan negara Papua Nugini,sedangkan batas laut berbatasan dengan wilayah perairan samudra Pasifik.
    Batas Selatan:batas daratan yaitu dengan negara Timor Leste,sedangkan laut berbatasan dengan wilayah perairan negara Australia yang meliputi perairan samudra Hindia.
b.batas astronomis wilayah Indonesia
6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT.
Letak Indonesia secara astronomis memengaruhi zona iklim di Indonesia yang termasuk iklim tropis karena berdekatan dengan garis katulistiwa.Selain itu zona waktu Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu.


Sekian dari saya,semoga bermanfaat:)
Arigatougozaimasu




2 komentar: