Senin, 29 Oktober 2018

Teks ceramah

                                 
 Bahaya boraks pada makanan

      Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.            
      Hadirin yang saya hormati, marilah kita senantiasa mengucapkan syukur kehadirat Allah Swt, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita sekalian dapat hadir dan berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
      Tidak lupa saya mengucapkan terimakasih pada hadirin yang telah meluangkan waktu untuk datang ketempat ini.
      Sebelumnya, perkenalkan nama saya Deta Amalia.Saya disini untuk mewakili kelas XI MIPA 6 untuk menyampaikan ceramah tentang bahaya boraks pada makanan. Hadirin sekalian yang saya hormati,boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan makanan.Boraks biasa digunakan sebagai pengawet.Daya pengawet yang kuat dari boraks berasal dari kandungan asam borat didalamnya.
      Hadirin sekalian, mengonsumsi boraks sangat berbahaya bagi manusia karena boraks merupakan racun.Bila terkonsumsi dalam konsentrasi tinggi racunnya akan mempengaruhi kerja syaraf,boraks juga dapat menyebabkan pusing,muntah,kejang perut,kerusakan ginjal dan hilang nafsu makan.Zat-zat berbahaya yang terkandung bisa menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker.Dampak akut dari boraks bisa menyebabkan nyeri hebat pada perut bagian atas,pendarahan disertai muntah darah, dan diare.
      Disekitar kita banyak ditemukan makanan yang mengandung boraks.Contohnya pada bakso.Bakso yang mengandung boraks teksturnya sangat kenyal,warna tidak kecoklatan seperti penggunaan daging namun lebih cenderung keputihan.Contoh yang lain yaitu krupuk, krupuk yang mengandung boraks teksturnya renyah.Ada juga mie baah yang mengandung boraks, mie tersebut teksturnya kenyal ,lebih mengkilat,tidak lengket,dan tidak cepat putus.
      Cara mengatasi penggunaan boraks yaitu dengan mengganti boraks dengan bahan alami yang aman untuk kesehatan.Contohnya pada pembuatan krupuk kita dapat mengganti boraks dengan air merang.Dalam air merang mengandung kalsium yang tinggi,sehingga bermanfaat untuk tulang.
      Hadirin sekalian, dapat disimpulkan bahwa boraks sangat berbahaya bagi kesehatan.Maka dari itu kita dapat mengganti boraks dengan bahan alami yang aman untuk kesehatan atau mengurangi konsumsi boraks berlebihan.
      Demikian ceramah yang saya sampaikan.Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian saya mohon maaf.Semoga ceramah yang saya sampaikan dapat bermanfaat.Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
      Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2 komentar:

  1. Mohegan Sun Pocono Tickets - Ticket Price History
    Find Mohegan Sun 김천 출장마사지 Pocono venue 문경 출장안마 concert 정읍 출장샵 and event schedules, venue information, directions, and seating charts. Find Mohegan Sun Pocono venue Jan 14, 영천 출장샵 2022Dining & EntertainmentJan 15, 2022Jamboree Bar & 구미 출장안마 GrilleMar 24, 2022Jamey Johnson

    BalasHapus